Website Resmi Instansi menggunakan blog, Sekolah atau Organisasi Kenapa Tidak? Ini 5 Tips Membuat Blog Untuk Situs Resmi

Instanblogging - Pesatnya kemajuan jaman terutama di bidang informasi memang sangat pesat, dimana saat ini bahkan orang secara pribadi memiliki website pribadinya. Website memang salah satu cara yang cukup efektif dalam menyampaikan informasi atau publikasi kepada masyarakat luas, namun kebutuhan tersebut yang juga dibutuhkan oleh organisasi maupun instansi sebagai sarana publikasi untuk kegiatan lembaga ataupun sosialisasi terhadap masyarakat secara luas tersebut terkadang terbentur oleh anggaran yang belum ada, apalagi untuk sekedar instansi tingkat daerah atau hanya sekedar organisasi kampus.

Kurangnya SDM pun menjadi alasan lain yang membatasi kebutuhan tersebut, dan banyak faktor lainnya. Lalu apakah kita hanya bisa berdiam diri untuk serta meratapi keterbatasan tersebut? TIDAK! kita harus katakan tidak, karena ada kok berbagai cara untuk itu salah satunya adalah blog yang bisa jadi alternatif terbaik. Kenapa? alasan utamanya blog itu gratis, penggunaaanya bisa autodidak dan banyak panduang untuk mengelolanya dari tingkat dasar. Memang banyak sekali yang menganggap bahwa blog itu terkesan tidak resmi, tidak kompeten, tidak terpercaya. Disini kita harus tepis semua anggapan tersebut dan utamakan tujuan utama dari sebuah website tersebut sebagai media informasi serta sarana publikasi. Toh nyatanya banyak website resmi instansi dengan domain berbayar semacam .go.id yang ketika awal - awal bisa kita cari namanya di google, lama - lama kita cari tidak ditemukan entah hilang tidak tau keman, malahan muncul "Ups! Google Chrome tidak dapat menemukan www.wwxxxyyzzz.go.id", bisa jadi hal itu dikarenakan masa sewa domain tersebut habis dan sedangkan anggarannya belum ada.


Website memang butuh dana tidak sedikit dalam pengelolaannya, karena itu blog bisa jadi alternatif terbaik karena tidak memerlukan anggaran soalnya gratis selama - lamanya. gimana? menarik bukan? Penggunaan blog sebagai situs resmi instansi bisa menjadi jalan efisiensi anggaran. Disini saya ada blog tutorial untuk pembuatan blog dari paling dasar (pemula) sampai dengan mahir bisa dikunjungi di http://instanblogging.blogspot.co.id/

Ini dia 5 tips membuat sebuah blog untuk situs resmi isntansi

1. Gunakanlah template seperti situs resmi instansi pemerintah pada umumnya, minimalis tetapi tidak terkesan kaku.


Gambar diatas adalah blog dari situs instansi resmi yang saya kelola, bagaimana blog resmi yang saya kelola tersebut layak tidak untuk sebuah website resmi instansi? (lebih jelasnya kunjungi bkog nya saja ini satkerpsdkpbwg.blogspot.com, Silahkan jawab layak tidak dikomentar). Pemilihan template berperan penting dalam membangun kesan situs tetap resmi, sehingga perlu template yang tepat (contoh Template seperti blog yang saya kelola bisa di download di http://instanblogging.blogspot.co.id/)

Baca juga:

2. Pakai widget sewajarnya dan jangan gunakan widget yang memiliki kesant tidak formal sehingga terlihat seperti situs pribadi. Widget yang dipasang pada blog jangan berlebihan serta jangan gunakan widget - widget yang berkesan tidak formal, karena dapat mengurangi kompetenitas dari dari situs instansi dimata para pengunjung blog lembaga saudara.

3. Sertakan tautan atau link dari situs lembaga atau instansi yang berkaitan dengan instansi  saudara

Membuat widget website terkait atau link yang terkait dengan instansi saudara, seperti halnya blog yang saya kelola adalah satker psdkp banyuwangi yang berada dibawah wewenang ditjen pengawasan sumberdaya kelautan dan perikanan sehingga saya kaitkan dengan website ditjen PSDKP, juga dengan kementerian kelautan dan perikanan, serta dinas - dinas dan situs - situs instansi lainnya yang terkait.

4. Jangan pasang banner atau iklan komersial, kecuali iklan tentang layanan masyarakat dan sejenisnya


Pemasangan banner dan iklan komersial semacam google adsense atau affiliate lainnya akan membuat kesan formal blog resmi instansi anda hilang, jadi saya sarankan jangan pasang itu pada blog resmi instansi saudara.


5. Sinergikan blog dengan jejaring sosial seperti facebook, twitter, Dll, hal ini akan membantu penyebaran informasi ke masyarakat.


Seperti yang kita tahu bahwa banyak orang indonesia bahkan dunia saat sangat senang berlama - lama untuk sekedar berselancar di berbagai media sosial baik itu facebook, twitter atau yang lainnya, jadi manfaatkan itu sebagai sarana anda penyebaran informasi yang lebih luas dan blog resmi serta instansi anda akan semakin di kenal.


Selamat mencoba :) jangan lupa share dan tinggalkan saran di komentar ya :)


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Website Resmi Instansi menggunakan blog, Sekolah atau Organisasi Kenapa Tidak? Ini 5 Tips Membuat Blog Untuk Situs Resmi"

Post a Comment