Mendapatkan Uang dengan Menjadi Tarvel Blogger, Darimana Duitnya?

Instan Blogging - Tutorial Blog. Disaat kita sedang susah - susah mencari waktu dan uang untuk bisa jalan - jalan keliling indonesia bahkan keliling dunia, ada orang yang keluar negeri jalan - jalan keliling dunia, makan enak, menikmati dunia dan di bayar untuk itu. Ini serius dan memang benar adanya, dia adalah travel blogger. Ngomongin travel blogger yang terlintas pertama adalah nama Trinity, Trinity terkenal lewat judul bukunya the naked traveler. Trinity bisa jadi kiblat travel blogger indonesia melalui aksinya yang di sebut sesuai judul bukunya Naked traveler dengan melakukan perjalanan keliling dunia dengan modal terbatas. Banyak travel blogger ingin melakukan hal yang sama seperti yang di lakukan oleh trinity, jalan - jalan keluar negeri, makan enak dan dibayar untuk itu. Pertanyaannya "apakah aku bisa seperti itu? dan darimana duitnya", tentu bisa bahkan sangat bisa.

 
Untuk menjawab darimana travel blogger dapat uang terlebih dulu kita kenali industrinya. Sebuah industri dianggap besar dinilai dari seberapa banyak pihak yang terlibat didalamnya, dalam industri travel blogger ada banyak pihak yang terlibat jauh daripada yang kamu kira. Ada pemerintah, perusahaan swasta, transportasi, penginapan, restoran, travel agency, tempat wisata dan kuliner lokal dan masih banyak yang lainnya. Dari situ sudah kebayang kan seberapa besar potensinya?.

Nah sekarang kita akan bahas cara travel blogger mendapatakan uang dan jalan - jalan ke luar negeri gratis. Travel blogger mendapatkan uang melalui minimal 7 hal karena selain 7 hal ini kemungkinan ada income lain. Bikut 7 jalan travel blogger mendapatkan uang:

1. Blog
Judulnya saja travel blogger jadi blog lah yang menjadi senjata utama dan ini jugalah alasan kenapa saya masukan di urutan pertama. Lalu agaimana cara mendapatkan uang lewat blog?, lewat advertisement dan review. Lewat advertisement kalian sebagai travel blogger bisa mendapatkan uang melalui pemasang iklan pada blog anda, bisa melalui google adsense, ad agency atau bisa menyediakan space iklan dan menawarkan langsung ke pihak - pihak terkait baik instansi pemerintah, perusahaan swasta atau pihak lainnya.

Untuk google adsense akan saya bahas di artikel lain karena cukup panjang, kali ini akan saya jelaskan dulu tentang iklan sponsor. Jika pengunjung blog anda cukup banyak peluang ini cukup besar, sebagai gambaran saja untuk penawaran iklan kepada perusahaan atau pihak lain ada formulasi perhitungan yang umumnya sering di pakai yaitu: Jumlah pengunjung/hari : 10 x 1$ = biaya pasang iklan/bulan. Semisal blog sobat memiliki 1000 pengunjung/hari maka hitungannya 1000/10x1$ = 100$, jadi kalian bisa menghargai 100$/bulan/banner iklan.

Dalam satu blog maksimal setidaknya anda bisa memasang 3 sampai 4 banner iklan, karena bila lebih dari itu blog anda menjadi kurang enak di pandang dan cenderung di anggap jualan. Jika kalian memasang 4 banner iklan maka penghasilan yang kalian dapatkan adalah 100$xRp. 13.000 x 4 = 5,2 juta rupiah, ini adalah potensi yang bisa kalian dapatkan lumayan bukan.

2. Foto
Jika kalian seorang tavel blogger dengan skill photography mumpuni, maka foto anda bisa jadi sumber penghasilan anda juga. Caranya simpel saat jalan - jalan abadikan saja foto sebanyak - banyaknya dan jual foto anda lewat penyedia - penyedia online seperti Istockphoto maupun yang lainnya, dari foto - foto kamu yang terjual kamu akan dapat selling share berdasarkan presentase tergantung dimana kalian memasarkannya.

3. Kontributor
Cara mendapatkan uang sebagai travel blogger lainnya adalah sebagai kontributor baik di majalah, koran cetak maupun media online dengan menulis artikel destinasi - destinasi wisata yang sudah anda kunjungi. Dari artikel yang anda berikan dari situ anda bisa meraup uang.

4. Youtube
Menjadi travel blogger anda kan menemui destinasi - destinasi menarik, makanan dan budaya unk di seluruh Indonesia bahkan dunia. Nah dari situ anda bisa membuat channel youtube dan membagikan video vlog maupun info kuliner dan destinasi wisata yang kalian kunjungi yang anda buat selama perjalanan. Setelah itu kalian bisa menjadi youtube adsense publisher, dari situ akan muncul iklan pada setiap video di channel youtube anda. Potensi penghasil di youtube kalian akan mendapatkan 0,01$ - 1$ / 1000 view, semakin banyak penonton dan video maka pendapatan anda akan semakin banyak tanpa batasan maksimal. Menarik bukan?.

5. Brand Sponsor
Jika anda sudah punya nama atau paling tidak ada brand yang melirik blog anda sebagai travel blogger anda bisa mendapatkan endorse barang, biaya travel gratis hingga pendapatan berbentuk uang dari brand sponsor yang bersangkutan. Tentunya dengan memakai produk dan/atau menulis review tentang brand tersebut pada blog/website kamu.

6. Penulis Buku
Seperti halnya dengan yang di lakukan Trinity dengan meluncurkan buku The Naked Traveler nya, menjadi travel blogger anda juga bisa mendapatkan uang dengan cara menulis buku. Pendapatan dari buku tulisan anda jika laris pun akan turut membuat semakin dikelan dan membuka pintu - pintu rejeki lainnya.

7. Public Speaker
Jika kamu menjdai seorang penulis apalagi buku kamu jadi best seller maka kemungkinan kamu di undang menjadi pembicara berbagai acara akan semakin besar, selain itu dari jadi blogger atau youtuber sukses juga kesempatan itu terbuka.

Itu dia kenapa ada orang yang enak saja jalan - jalan tanpa memikirkan uang dan waktu karena mereka di bayar dalam perjalannya. Bagaimana, anda tertarik menjadi seorang Travel Blogger dan menjadi Trinity The Naked Traveler selanjutnya?. Kalau begitu buat blog mulai sekarang :)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mendapatkan Uang dengan Menjadi Tarvel Blogger, Darimana Duitnya?"

Post a Comment