Basic blogger bahasa Indonesia lengkap

Instan Blogging - Hallo sobat Blogger Indonesia yang tak pernah patah semangat meski menghadapi cpc adsense Indonesia yang rendah hehehehehe. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu yang saya lihat menarik disalah satu grup Internet marketing terkenal seantero nusantara, apalagi kalo bukan grup facebook Sekte Karungan milik mas dian tegal alias Dian Umbara. Langsung disimak saja yah ini dia "Basic tutorial blogger bahasa Indonesia lengkap".
Basic blogger bahasa Indonesia lengkap
Basic tutorial blogger bahasa Indonesia lengkap
Oh iya ini lebih ke untuk tutorial blogger pemula yah, untuk yang udah expert sepertinya info dan tips blogger ini nggak ada apa - apanya deh hehehehe. Berikut ini langkah - langkahnya:

1. Buat akun google / akun email google di Gmail.com
Ini url-nya : https://www.google.com/gmail/

2. Persiapan pertama sebelum membuat sebuah blog yaitu "tentukan Niche blog", ini penting agar kamu tidak terombang - ambing kesana kemari seperti sampah di lautan yang tak tahu kemana akan bermuara saat membuat sebuah artikel nantinya. Niche blog yang bagus untuk Google Adsense dan banyak dicari sendiri ada berbagai macam, beberapa diantaranya adalah:
- Hiburan
- Teknologi
- Tips Kecantikan
- Bisnis Online
- Blogging
- Berita
- Review Film, Game dll.

3. Persiapan kedua setelah didapatkan Niche blog yang tepat, yang perlu anda lakukan adalah melakukan Riset Keyword sesuai dengan niche blog yang akan anda garap. Berikut ini beberapa tools atau situs untuk melakukan riset keyword:
- Google keyword planner
- Keywordtool.io
- Keyword Revealer
Tips dalam riset Keyword blog ini yang di target adalah Homepage blog dulu ya, baru kemudian penargetan keyword di artikel.

4. Setelah semua tahap persiapan awal membuat blog selesai, menginjak ke cara membuat blog di blogspot. Silahkan buat situs di Blogspot dengan membuka www.blogger.com. (Cara lengkapnya bisa dilihat di artikel saya ini "Tutorial Membuat Blog di Blogspot Lengkap")
Tips membuat blog:
Masukan keyword dalam Nama dan Url domain / alamat blog anda. Contoh: caramembuatdonatenak.blogspot.com, tutorialhijabterbaru.blogspot.com, tutorialbloglengkapkeren.blogspot.com dan lain sebagainya asal nama tersebut belum digunakan sebagai url blog orang lain ya.

Sebenarnya sampai disini blog anda sudah cukup bagus, akan tetapi untuk menaikan SEO, Branding, dan memenangkan persaingan maka sobat harus meneruskan ke langkah - langkah selanjutnya yang mungkin lebih tepatnya bisa dibilang tips ngeblog berikut ini:

5. Beli Domain + Hosting 
Rekomendasi saya belilah DOMAIN, jika perlu beli pula HOSTING dan beralih ke platform wordpress self-hosted. Tentunya hal ini berlaku hanya untuk anda yang punya Budget lebih. Untuk penyedia hosting terbaik dan bagus ada Hawkost, DO,Vultr (VPS), atau jika di Indonesia bisa paka jasa Rumahweb, NiagaHoster atau JagoanHosting dan masih banyak lagi yang lainnya.
Jika anda memiliki budget tetapi masih terbatas, anda bisa tetap menggunakan platform blogspot / blogger.com tetapi melakukan custom domain ke TLD Domain atau Top Level Domasin seperti .com, .net, .info, dan lain - lain. Contoh nya dari Url Caramembuatdonatenak.blogspot.com di custom domain menjadi caramembuatdonatenak.com.
Akan tetapi jika kamu tidak memiliki budget sama sekali untuk itu sebenarnya dengan Url .blogspot.com pun sudah cukup bagus, yah contohnya blog saya ini masih blum custom domain TLD hahahahaha.

6. Memilih Template / Themes blog terbaik
Dalam memilih template blog terbaik ada kriterianya loh sob, selain tampilannya keren anda juga harus memperhatikan syarat - syarat template blog yang bagus artinya keren saja nggak cukup ya. Berikut ini kriterinya: Template blog harus ringan, bersih dan anu. Anu ini apa yah hehehehe, ya template blog harus SEO, Responsive, Fast-Loading, kalau perlu Ads Ready jika tujuan ngeblog anda menghasilkan uang lewat blog melalui iklan seperti Google Adsense.

7. Buat Artikel Populer dan Original
Setelah melaksanakan tips - tips ngeblog di atas, sobat juga harus membuat artikel - artikel populer, keren dan original tentunnya. Cara mudah membuat artikel original untuk blog adalah dengan Re-Writing / istilahnya menulis ulang atau menyadur.
Tutorial cara membuat artikel original:
Pertama - Gunakan Ahrefs untuk melihat Artikel paling di cari
Kedua - Setelah ketemu sobat baca dulu artikelnya sambil dipahami dari awal sampai selesai
Ketiga - Ketik ulang apa yang anda dapat dari membaca artikel tersebut se-unik dan se-original mungkin.

8. Update 1 artikel / hari
Istilah "Konten Is King" selalu berlaku dalam dunia blogger ya sobat, selain dalam artian kualitas artikel harus bagus tetapi kuantitas artikel juga tak kalah penting loh. Lebih banyak srtikel yang diposting di blog lebih bagus. Silahkan sobat membuat artikel untuk blog minimal 1 artikel/hari dan buat artikel saling ngelink ke artikel lain di blog sobat juga tentunya yang relevan. Usahakan setiap artikel ngelink juga ke Homepage blog anda. Sebagai conton misalnya (Kue Donat, Donat Enak), jangan menggunakan kata klik disini, atau baca selengkapnya kecuali khusus untuk yang ngebacklink di situs lain. Inget minimal 1 artikel / hari, artinya lebih banyak lebih baik kalau lebih sedikit jangan!.

9. Meningkatkan SEO Blog / Situs
Dengan cara diatas maka seharusnya dalam 2 bulan minimal sudah ada 60 Artikel, langkah selanjutnya anda tinggal meningkatkan SEO blog anda dengn Backlink dan sebagainya yang bisa di lakukan secara manual atau dengan membeli.
Berikut ini saran untuk cara menaikkan SEO blog anda:
- Beli Backlink Kevintaw
- Beli Social Signal di SeoClerk
- Beli 10 Tumbrl PA 28+
- Silahkan experiment sendiri

11. Umur blog udah 3-6 Bulan?
Jika umur 3-6 bulan seharunya blog anda sudah mendapatkan Trafik yang cukup baik, kecuali ada hal - hal diatas yang anda tidak lakukan dengan benar

12. Cara mendapatkan dollar dari  internet bagaimana? / Cara menghasilkan uang lewat blog: 
Caranya mudah anda bisa daftar beberapa situs dibawah ini :
- Revenuehits
- Poptm
- Google Adsense
- Dll.

Pertanyaan yang seing muncul :
Q : Bang dimana beli Ahrefs, Keyword Revealer dll?
A : Bisa beli di Nurzaga Ads.id

Q : Dimana beli Jasa Backlink yang bagus dan terpercaya?
A : Di Calvin Teja

Q : Dimana Beli AGK (Auto Generated Keyword) yang bagus?
A : Di Arip Akka Kurniawan

Q : Pengen belajar ngeblog dong
A : Silahkan bisa masuk ke Pedepokan Adsense dari Dani Alfin Pratama atau googling ajah banyak situs / blog yang membagikan ilmu untuk anda belajar. Jika tidak pede otodidak bisa kursus.

Q : Bang penghasilan dari Adsense berapa?
A : Sedikit yang penting disyukuri

Q : Loh, penghasilan dikit kok sok bagi - bagi tutorial?
A : Mending mana sama yang cuma pamer Earning terus nggak ngasih tau caranya, giliran mau ngasih di suruh beli. 

Nah itu saja untuk artikel "Basic tutorial blogger bahasa Indonesia lengkap" ini, jika ada pertanyaan lain silahkan klik dikolom komentar dan mari diskusi. Semoga hal sedikit yang saya bagikan ini dapat bermanfaat, salam blogger Indonesia.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Basic blogger bahasa Indonesia lengkap"

Post a Comment