Menambah dan Merubah thumbnail video Youtube

Instan Blogging - Menambah atau merubah Thumbnail Video Youtube penting nggak sih?, di artikel tutorial youtube kali ini pertanyaan tersebut akan terjawab!. Menambahkan thumbnail atau merubah thumnail itu penring ya son, karena thumbnail video youtube dapat memberikan  gambaran singkat kepada penonton tentang video anda ketika mereka sedang melihat-lihat video di YouTube.

Thumbnail video YouTube
Thumbnail yang bagus dan menarik akan membuat kemungkinan video anda dipilih untuk ditonton oleh pengunjung Youtube meningkat, tentunya hal ini bagus untuk meningkatkan jumlah viewer video Youtube sobat karena juga berkaitan dengan Youtube SEO.

Sebenarnya setelah sobat selesai mengupload video di Youtube di akhirnya sobat dapat memilih thumbnail dari tiga opsi thumbnail yang otomatis disediakan oleh YouTube. Sobat cukup memilih thumbnail yang ingin sobat gunakan untuk menarik penonton lalu tinggal klik Simpan perubahan. Bahkan jika tidak mau merubah sekalipun sobat tinggal klik publish video maka thumbnail video akan langsung ada sesuai yang di pilihkan oleh Youtube.

Tetapi hal diatas terkadang ada kurangnya karena thumbnail yang dipilih oleh Youtube secara otomatis sering tidak sesuai ekspektasi kita untuk menggambarkan isi konten video yang kita ungga ke Youtube sehingga menambahkan atau merubah thumbnail video Youtube menjadi opsi terbaik.

Cara menambah atau mengubah thumbnail video di Youtube
1. Silahkan login ke YouTube chanel sobat.
2. Lalu buka Creator Studio > Pengelola Video.
3. Pada samping video, pilih dan klik Edit.
4. Pada bagian kiri layar pratinjau, pilih thumbnail yang disediakan YouTube yang paling sobat suka.
5. Terakhir klik Simpan perubahan.

Cara diatas adalah cara mengganti thumbnail video youtube lewat web browser. Selain dengan cara tersebut dapat juga menggunakan aplikasi YouTube Studio di Android untuk menambahkan thumbnail ke video.

Cara membuat thumbnail yang efektif dan menghindari clickbait.

Membuat thumbnail video kustom dan mengupload thumbnail kustom, maka sobat harus memiliki akun terverifikasi (channel YouTube).

Cara Mengganti Thumbnail Video baru di YouTube:
1. Rekam / upload video yang akan sobat upload ke YouTube.
2. Pada akhir tahap pemrosesan video pada layar upload, terdapat opsi untuk memilih Thumbnail kustom pada bagian "Thumbnail video".

Cara mengganti thumbnail Video yang diupload
1. Buka Creator Studio lalu masuk ke Pengelola Video.
2. Pada bagian samping video, pilih dan klik Edit.
3. Selanjutnya pada bagian kanan layar pratinjau, pilih dan klik tombol Thumbnail kustom.
4. Lalu upload thumbnail video yang sudah sobat persiapkan sebelumnya.
5. Setelah thumbnail selesai diupload, yinggal klik "simpan perubahan".

Tips jitu untuk thumbnail kustom agar dapat menaikan viewer video YouTube dan meningkatkan branding channel YouTube sobat.

#1. Ukuran dan resolusi gambar  thumbnail video YouTube.

Buatlah ukuran thumbnail kustom sebesar mungkin, hal ini perlu dilakukan karena gambar tersebut juga selanjutnya digunakan sebagai gambar pratinjau video youtube sobat. Sebaiknya sebuah thumbnail YouTube haruslah:

- Resolusi thumbnail adalah sebesar 1280x720 (dengan lebar minimum 640 piksel).
- Format gambar thumbnail YouTube adala .JPG, .GIF, .BMP, atau .PNG.
- Ukuran gambar thumbnail YouTube tidak boleh melebihi batas ukuran yang diharuskan yaitu 2 MB.
- Rasio gambar thumbnail YouTube adalah 16:9, karena rasio ini adalah yang paling sering digunakan dalam pemutar dan pratinjau YouTube.

#2. Kebijakan thumbnail YouTube.

Semua thumbnail kustom di YouTube harus mengikuti Pedoman Komunitas  YouTube.
Thumbnail video yang menjurus ke arah seks, berisi konten kekerasan, ataupun konten vulgar dapat menjadi penyebab video kena pembatasan usia. Bila video partner mendapat pembatasan usia, maka iklan adsense tidak akan ditayangkan serta video tersebut tidak akan muncul pada halaman penelusuran (pencarian) sebagus apapun SEO video YouTube sobat.

Izin mengupload thumbnail kustom bisa dicabut jika sobat menggunakan thumbnail yang tidak mengikuti pedoman komunitas youtube partner secara terus menerus. Jika hak istimewa thumbnail telah dibatalkan, maka pihak YouTube tidak dapat memulihkannya kembali.

#3. Mengapa thumbnail kustom saya dinonaktifkan?.

Jika thumbnail custom channel YouTube sobat dinonaktifkan maka alasannya simpel, sobat melanggar TOS Youtube. Alasan kenapa thumbnail custom dinonaktifkan adalah karena YouTube memiliki hak dan kemampuan untuk melakukan itu (menonaktifkan thumbnail kustom) pada video dari hasil pencarian tertentu jika itu dianggap tidak pantas bagi penonton atau melanggar pedoman YouTube.

Untuk menentukan apakah thumbnail video sesuai atau tidak, baik atau tidak, melanggar atau tidak, YouTune mempertimbangkan retensi dari penonton yang melihat video anda. Duka dan tidak suka, masukan penonton, serta indikator lainnya.

Jadi sudah tau dong sob mengenai Thumbnail video YouTube dan tetek bengetnya?.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menambah dan Merubah thumbnail video Youtube"

Post a Comment